Hereditas

 Pengertian Hereditas, Lingkungan dan Pengaruhnya


Masing-masing individu lahir ke dunia dengan suatu hereditas tertentu. Ini berarti, bahwa karakteristik individu diperoleh melalui pewarisan/perpindahan dari cairan-cairan “germinal” dari pihak orang tuanya. Menurut Witherington, hereditas adalah suatu proses penurunan sifat-sifat atau benih dari generasi ke generasi lain, melalui plasma benih, bukan dalam bentuk tingkah laku melainkan struktur tubuh. Dengan kata lain hereditas merupakan pewarisan atau pemindahan biologis karakteristik individu dari pihak orang tuanya. Faktor hereditas ini  merupakan factor pertama yang mempengaruhi perkembangan individu. Dalam hal ini hereditas diartikan sebagai totalitas karakteristik individu yang diwariskan orang tua kepada anak atau segala potensi, baik fisik maupun psikis yang dimiliki individu sejak masa konsepsi (pembuahan ovum oleh sperma ) sebagai pewarisan dari pihak orang tua melalui gen – gen.

Adapun yang diturunkan orang tua kepada anaknya adalah sifat strukturnya bukan tigkah lahu yang dperoleh sebagai hasil belajar atau pengalaman. Penurunan sifat-sifat ini mengikuti prinsip-prinsip berikut :

  • ·         Reproduksi

Penurunan sifat-sifatnya hanya berlangsung melalui sel benih.

  • ·         Konformitas (keseragaman)

Proses penurunan sifat akan mengikuti pola jenis ( spesies ) generasi sebelumnya, misalnya manusia akan menurunkan sifat-sifat manusia kepada anaknya.

  • ·         Variasi

Karena jumlah gen-gen dalam setiap kromosom sangat banyak , maka kombinasi gen– gen pada setiap pembuahan akan mempunyai kemungkinan yang banyak pula. Dengan demikian , untuk setiap proses penurunan sifat akan terjadi penurunan yang beraneka ( bervariasi ) antara kakak dan adik mungkin akan berlainan sifatnya.

  • ·         Regresifillial

Penurunan sifat cenderung kearah rata-rata.

Setiap individu yang lahir ke dunia dengan suatu hereditas tertentu. Dalam hereditas ini terdapat beberapa factor yang meliputi:

  •      Bentuktubuh dan warna kulit

Pengaruh turunan terhadap pertumbuhan jasmani anak. Bagaimanapun tingginya teknologi untuk mengubah bentuk dan warna kulit seseorang, namun factor turunn tidak dapat diabaikan begitu saja.contohnya, bila anak berpembawaan rambut keriting, bagaimanapun berusaha meluruskannya akhirnya kembali keriting.

  •         Sifat- sifat

Sifat- sifat yang dimiliki seseorang adalah salah satu aspek yang diwarisi dari ibu, ayah atau kakek dan nenek, seperti penyabar, pemarah, kikir, dll.                                      

  •       Intelegensi

Intelegensi adalah kemampuan yang bresifat umum untuk mengadakan penyesuaian terhadap suatu situasi, atau masalah. Misalnya, mengingat, memahami, berbahasa dsb.

  •            Bakat

Bakat adalah kemampuan khusus yang menonjol diantaraberbagai jenis kemampuan yang dimiliki seseorang, seperti seni music, matematika, teknik dan agama.

  •       Penyakit

Penyakit yang dibawa sejak lahir akan terus mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rokhani anak.

Hereditas pada individu merupakan bawaan sejak lahir “specific genen. Bawaan/warisan atau hereditas tersebut berasal dari kedua orang tuanya (Genes) dan tidak dapat direkayasa. Bawaan memiliki peranan penting dalam pertumbuhan dan perkembangan anak. Ia lahir membawa berbagai ragam warisan yang berasal dari kedua ibu-bapak atau kakek-nenek.

Sedangkan menurut Wikipedia hereditas adalah pewarisan watak dari induk ke keturunannya baik secara biologis melalui gen atau secara sosial melalui pewarisan gelar, atau status sosial.  Dari pengertian diatas maka dapat disebutkan faktor hereditas individu meliputi: sifat-sifat kejasmanian, temperamen dan bakat.Jadi, dapat dikatakan atau dapat kita simpulkan  bahwa hereditas merupakan  pewarisan atau pemindahan biologis, karakteristik individu dari pihak orang tua.

Categories: Share

Leave a Reply