Bimbingan Konseling Islam Pribadi



Bimbingan konseling Islam pribadi berarti bimbingan dalam menghadapi keadaan batinnya sendiri dan mengenai berbagai pergumulan dalam batinnya sendiri, dalam mengatur sendiri dibidang kerohanian, perawatan jasmani, pengisian waktu luang, penyaluran nafsu seksual, dan bimbingan dalam membina hubungan kemanusiaan dengan sesama di derbagai lingkungan (pergaulan sosial).
      Kegunaan bimbingan pribadi sosial adalah karena setiap manusia sudah mengetahui dari pengalamannya sendiri apa akibatnya bila pergumulan batin tidak dapat terselesaikan, dan tarif penderitaan batin yang dialami bila timbul problem dalam pergaulan sosial. Sehingga tantangannya adalah bagaimanakah sikap dan tindakan dalam menghadapi kesulitan yang timbul.
      Permasalahan yang muncul pada remaja, misalnya: keinginan dan perasaan yang silih berganti ( dari yang sangat sedih dan sangat gembira), ingin membangun cita-cita, pergaulan dengan anggota keluarga, dan pergaulan dengan teman lain jenis, ditantang memikul tanggung jawab sebagai orang dewasa, dan menemukan realitas hidup yang tidak sesuai dengan keinginannya sendiri.
      Bimbingan pribadi sosial yang diberikan mengandung unsur-unsur sebagai berikut:
1.      Informasi tentang fase atau tahap perkembangan yang sedang dilalui, antara lain: tentang konflik batin yang dapat timbul, tentang tata cara bergaul yang baik, sex education (yang tidak hanya mencakup penerangan seksual, tetapi pula corak pergaulan antara jenis kelamin).
2.      Penyadaran akan keadaan  masyarakat dewasa ini, yang semakin berekembang ke arah modern, antara lain: apa ciri-ciri kehidupan modern, dan apa makna ilmu pengetahuan serta teknologi bagi kehidupan manusia.
3.      Pengaturan diskusi kelompok mengenai kesulitan yang dialami peserta didik, misalnya: menghadapi orang tua yang taraf pendidikannya lebih rendah dari anak-anaknya.
Pengumpulan data yang relevan untuk mengenal kepribadian, misalnya: sifat-sifat kepribadian yang tampak dalam tingkah laku, latar belakang keluarga dan keadaan kesehatan.

Categories: Share

Leave a Reply